Tes Hitung Jari, Deteksi Dini Katarak Orang Tua Dari Rumah

Tes Hitung Jari, Deteksi Dini Katarak Orang Tua Dari Rumah

 

Kesehatan mata adalah salah satu wujud kenikmatan yang Tuhan berikan kepada manusia. Menjaga kesehatan mata merupakan upaya yang dapat dilakukan agar dapat terus menyaksikan keindahan alam hingga usia senja.

Bagaimana cara kita dapat mengetahui kondisi mata sedang baik-baik saja? Ternyata ada cara yang paling mudah dilakukan untuk mengetahui kondisi mata yaitu tes hitung jari. Tes hitung jari, deteksi dini katarak orang tua dari rumah. Berikut pusat katarak akan memberikan Anda informasi yang menarik dan bermanfaat :     

Baca Juga
4 Penyakit Mata Penderita Diabetes

Tes Hitung Jari

Tes hitung jari merupakan cara mudah untuk pemeriksaan visus mata. Anda bisa melakukan tes penglihatan hitung jari di rumah dan bisa meminta bantuan orang lain. Selain hanya butuh seseorang, tes penglihatan hitung jari juga tergolong mudah karena tidak butuh alat apapun selain kursi duduk dan ruangan yang cukup lebar hingga bisa maju mundur sekitar 6 meter. 

·         Tes Penglihatan Hitung Jari Tahap Pertama

·         Berikut merupakan tes hitung jari tahap pertama:

1.   Bagi yang dites : bisa duduk dengan kursi yang terletak di dekat dinding, dan menutup salah satu mata dengan telapak tangan.

2.   Bagi yang mengetes : dimulai dengan berdiri jarak 1 meter, lalu mulai menunjukkan beberapa jari tertentu secara acak. bisa dari 1, hingga 10.

3.   Bagi yang dites : dengan posisi sama, menunjukkan berapa jumlah jari yang dilihat sesuai dengan persepsi penglihatan.

Jika dalam tes penglihatan tes hitung jari awal ini masih menunjukkan bahwa yang dites menyebut angka jari dengan benar, maka masih aman dari rabun dekat atau gejala lainnya. Namun perlu dilakukan tes penglihatan hitung jari lagi, untuk mengetes kenormalan mata lebih jauh.

Baca Juga
Penyakit Mata Pada Lansia

·         Tes Penglihatan Hitung Jari Tahap Kedua

·         Berikut merupakan tes hitung jari tahap kedua :

1.   Bagi yang dites : posisi duduk dan mata yang ditutup tetap

2.   Bagi yang mengetes :  terus menunjukkan jari acak yang berbeda tetapi sembari mundur tiap meter hingga 6 meter

3.   Bagi yang dites : bisa terus menunjukkan angkanya setiap meter

·         Tes Penglihatan Hitung Jari Tahap Ketiga

·         Berikut merupakan tes hitung jari tahap ketiga :

1.   Bagi yang dites : telapak tangan mengganti posisi yakni menutup satu mata lainnya

2.   Bagi yang mengetes : mengulang tes sejak 1 meter hingga 6 meter dan terus mengganti jari yang ditunjukkan

3.   Bagi yang dites : menyebutkan jumlah jari yang dilihat dengan benar

Baca Juga
Keluhan Mata Yang Menghantui Lansia

Indikasi Katarak

Katarak adalah kondisi abnormal yang menyerang pada lensa mata manusia, dimana terjadi perubahan kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan penglihatan menjadi buram sehingga beresiko kebutaan. Penderita katarak biasanya lambat menyadari bahwa penglihatannya memburuk dan sudah mencapai tahap yang mengkhawatirkan. 

Konsultasi dokter mata, merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh penderita katarak agar mengetahui lebih spesifik katarak yang diderita. 

Dokter mata akan memeriksa lebih lanjut kondisi mata dari pasien. Jika ternyata hasil dari pemeriksaan pasien dinyatakan hanya mengalami Kelainan Refraksi dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan lasik. 

Operasi Lasik (Laser Assisted in Situ Keratomileusis) adalah prosedur bedah yang dilakukan untuk membentuk lengkungan pada kornea mata. Operasi lasik bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien yang menderita gangguan penglihatan.

Sampai detik ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan katarak kecuali dengan operasi katar

Baca Juga
Operasi Katarak

Bila pasien sudah berusia tua, dan tidak bisa melihat dengan jelas di jarak 1 meter kurang, maka bisa jadi ada indikasi katarak maupun kelainan refraksi. Mulailah dari rumah untuk melihat kondisi mata pada orang tua dengan tes hitung jari. Jika hasil kurang memuaskan, segera periksakan kondisi orang tua di klinik mata terdekat di kota Anda, bila sudah mengalami indikasi katarak maupun kelainan refraksi. Pemeriksaan secara rutin dan berkala akan memperbesar peluang kesembuhan mata. Selain itu, jika beruntung Anda dapat berhak menerima operasi katarak gratis. Ayo periksa kesehatan mata secara rutin!

 

Comments

Popular posts from this blog

Ragam Aplikasi Inventory Management Untuk UMKM

Harga Desain Rumah yang Ekonomis yang Kita CAri